Photobucket

23/09/11

Ajak Anak Untuk Bermain Di Alam Terbuka

Alhamdulillah ya,,, lebaran kemarin bisa libur agak lumayan panjang (empat hari), meskipun nggak full seperti karyawan lain yang bisa cuti bersama. Tapi segini juga udah bersyukur banget dech, soalnya klo perawat seperti saya ini yang jadwal kerjanya di shift, pas hari raya nggak mungki bisa libur panjang soalnya nggak mungkin kan Rumah Sakit tutup,, ntar pasiennya gimana dong... he he.

Seperti biasa setelah ngumpul-ngumpul di keluarga besar istri,, selanjutnya saya dan keluarga langsung meluncur mudik ke rumah orang tua di Sumedang. Silaturahmi sekalian mau ngajak anak lihat-lihat pemandangan alam di pedesaan, maklumlah klo tinggal di kota (ceieee, kota) maklum saya orang kampung gan ! :)

Usia si kecil kini menginjak 2,5 tahun. Dari kecil ane usahain buat ngajak si kecil mengenal alam, yah meskipun terbatas. Saya ajak ke sungai yang ada deket rumah, meskipun lebih layak disebut selokan penuh limbah rumah tangga, saya ajak ke kolam lele yang ada di gang sebelah. Atau saya ajak anak buat lihat-lihat pohon kelapa, atau sekedar main batu di lapangan. Main rumput di lapang bola. Yups dengan serba terbatas saya coba untuk mengenalkannya ke alam sekitar.

Nah, waktu mudik kemarin. Nggak di nyana ternyata adiknya nenek saya, uyut nya anak saya. Pelihara ikan di sawah nya. Nah pas H+4 sawah tersebut mau di tanemin lagi padi, so pasti nya sawah (smementara di jadikan kolam) harus di panen ikannya (dibedolkeun, Sunda.red). Wah alangkah senengnya dong, kesempatan nih buat ngajak anak main lumpur, main ikan, bakar ikan di sawah (gratisan!) hehe.

Tibalah saatnya saya, istri, anak & keluarga besar panen ikan di sawah. Wuiih anak saya bener-bener excited banget! mandi di sungai, main lumpur, main ikan, bakar ikan. Wah pokoknya itu mungkin pengalaman pertama nya di alam bebas sebebas bebasnya. Nggak peduli panas, nggak peduli dingin pokoknya pantang mundur. Sempet khawatir juga sich, karena anak dulu sempet alerg gatal-gatal. tapi alhamdulillah nggak terjadi apa-apa.

Jadilah sang ikan jadi pesakitan, mulai dari di suapin rumput, disuapin batu, dipijit, pokoke jadi kelinci percobaan, eh ikan percobaan nya si kecil. Luar biasa pengalaman yang mungkin tak terlupakan buat anak saya.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa meluangkan waktu di luar rumah untuk beraktifitas akan meningkatkan kesehatan dan kreativitas, dan bahkan dapat membantu anak-anak untuk berprestasi lebih baik di sekolah.

Berikut adalah beberapa cara menyenangkan untuk mengajak anak anda keluar beraktifitas di lingkungan alam untuk menghirup udara segar.

Carilah harta karun.
Kegiatan ini dinamakan berjalan-jalan di hutan dan menjadi pemburu harta karun yang akan melatih analisa anak anda. Jika ada waktu berlibur, rencanakan untuk ke daerah pedesaan dan puncak. Tapi terlebih dahulu, siapkan kejutan di villa tempat anda akan berlibur. Yaitu petunjuk ke peta harta karun. Anda menyiapkan petunjuk menuju ke harta karun anda. Siapkan simbol dan kode-kode di alam. Misalnya pohon besar. 5 langkah ke utara terdapat batu. Jalan terus menuju semak. Dan seterusnya. Lalu gambarlah dalam sebuah peta yang akan anda berikan kepada anak. Jadi ketika waktu berlibur, mereka akan senang untuk berburu harta karun. Ingat dampingi anak untuk memecahkan petunjuk itu. Dan harta karun lebih baik berisi hadiah yang sangat di idamkan oleh anak anda.

Menemukan dunia tersembunyi
Cobalah memancing rasa keingintahuan anak anda terhadap dunia mikro. Mereka akan penasaran terhadap spesies yang jarang dilihatnya. Misalkan ajak melihat pohon dan mencari binatang yang ada di pohon tersebut. Atau melihat hewan apa yang ada d bawah bongkahan batu besars atau sebuah pohon tumbang. Ada apa sih di bawah dedaunan yang jatuh ditanah. Semua akan membuat si kecil berpikir.akan lebih baik jika hal itu sering dilakukan dan berkala, agar anak dapat melihat pertumbuhan dan perubahan yang terjadi pada spesies tersebut

Keluar mendengar alam pada malam hari.
Ini paling baik dilakukan ketika berada di daerah pedesaan. Mengajak anak untuk melihat binatang dimalam hari, mendengarkan suara hewan, kunang-kunang serta bintang. Siapkan kemah dan cobalah berbaring melihat bintang di langit. Anak anda akan takjub dengan kerlap kerlip bintang. Carilah simbol dan bentuk diantara kerumunan bintang. Anak akan berimaginasi dengan bentuk yang disukainya. Serta ajarilah anak anda untuk menentukan peta langit.
  
Jadilah reporter alam
Dengan keluar ke alam bersama anak, fotolah bunga dan hewan yang ada di lingkungan serta mengomentarinya. Jika memang pancinglah untuk lebih jauh mengenal apa yang telah dipotretnya dengan memberikannya buku dan ensiklopedia. Sehingga mereka akan semakin mengenal lingkungan sekitar sambil bermain.






0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More